Tips merawat Busana Muslim

Tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi, pastinya sebagai umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan, disalah satu malam bulan ramadhan terdapat malam lailatul qadr, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Malam turunnya Al-Quran. Bulan ramadhan , akan diisi oleh umat muslim dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti pengajian, shalat taraweh, rajin membaca Al Quran, shadaqah dll. Setelah satu bulan kita berpuasa menahan hawa nafsu, lapar dan haus.. umat muslim akan merayakan kemenangan dengan idul fitri. Perayaan idul fitri, pasti lekat kaitannya dengan busana muslim.

Busana muslim pasti sering digunakan ketika bulan ramadhan, bisa untuk menghadiri pengajian atau datang ketika buka bersama dan kegiatan lainnya. Terutama ketika idul fitri, saat shalat id. Umat islam akan memakai baju terbaik mereka salah satunya busana muslim. Agar busana yang dipakai lebih awet, dan layak pakai dalam waktu yang lama, anda harus pandai dalam merawat busana muslim anda. Dalam merawat busana muslim berbeda-beda tergantung bahan pembuatannya seperti wool, katun, lycra, spadek, satin, sutra,parasut . Inilah beberapa tips dalam merawat busana muslim :

1. Cuci sesuai petunjuk
Cara mencuci yang tepat akan membuat pakaian lebih tahan lama. Cara mencuci pun berbeda-beda tergantung bahan yang digunakan. Seperti ketika mencuci sutra, lebih baik cuci menggunakan tangan dan sedikit dalam menggunakan sabun. Untuk bahan sifon, anda bisa merendam busana sebentar menggunakan air hangat, lalu cuci dengan tangan.

2. Gunakan Pelembut
Pelembut berguna dalam mengembalikan serat-serat kain yang kusut ketika mencuci. Selain itu pelembut disertai pewangi akan menjaga pakaian agar lebih awet. Pemakaian pelembut juga bermanfaat dalam menjaga kualitas kain.

3. Perhatikan ketika menjemur
Sinar matahari langsung tidak baik untuk busana muslim bahan tertentu. Seperti bahan satin sebaiknya tidak menjemur dibawah sinar matahari langsung, bahan sifon jangan dijemur dibawha sinar matahari. Untuk mengeringkan bahan sifon cukup di angin – angin saja.

4. Simpan pakaian dalam keadaan bersih
Pakaian harus disimpan dalam keadaan bersih ketika di lemari. Karena pakaian kotor yang digantung terlalu lama, dikhawatirkan akan menimbulkan jamur di pakaian. Jamur dalam busana muslim anda, akan merusak kualitas busana muslim.

5. Perhatikan ketika menyetrika
Proses menyetrika juga berpengaruh terhadap keawetan busana muslim, ketika menyetrika bahan satin, jangan terlalu panas dikhawatirkan akan merusak busana muslim anda. Karena kain satin berbahan tipis. Ketika selesai menyetrika bahan katun sebaiknya jangan dilipat tetapi digantung, karena jika dilipat akan meninggalkan bekas lipatan pada busana muslim. Dalam menyertika bahan sutra, sebaiknya jangan terlalu panas ataupun dingin. Gunakan suhu yang standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *